Update Informasi Terkini Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIMAL

Kuliah Umum AET Unimal Undang Pakar Lahan

Sosialisasi serta Pelatihan Peningkatan Produksi Petani Sawit

 

Petani sawit bersama aparatur desa telah mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan   peningkatan produksi petani sawit melalui pemberian pupuk hayati  di desa Mata  Ie Kecamatan  Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara, pada hari selasa tanggal 25 Oktober 2022.

Pelaksanaan kegiatan  itu telah di mulai dari jam 09.00 WIB/selesai bertempat di meunasah desa Mata Ie. Peseta sebanyak 25 orang yang sangat antusias dalam mendengarkan paparan dari tim pengapdian yang di sampaika  oleh Hijri Juliansyah S.P., M.Ec. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk  memberi bekal pemahaman kepada petani dalam mengunakan pupuk hayati, untuk kemudian akan memudahkan tim dalam melakukan pendampingan langsung ke lahan tanaman sawit. 

Hijri Juliansyah selanjutnya memaparkan betapa murahnya harga penggunaan pupuk hayati berbanding pupuk anorganik. Selain itu cara penyemprotan ke pohon dan 4 penjuru tanah yang di lubangin dengan dua kali pencangkulan  yang di siram dengan 0,5 liter pupuk hayati. Tentu sangat praktis, sangat mudah dan menghemat tenaga serta biaya ketimbang memupuk di lingkaran ujung daun terjauh setiap pohon dengan pupuk anorganik yang tentu sangat melelahkan. Petani sawit juga di latih untuk pengenceran pupuk hayati yang siap untuk di gunakan.